Kriteria Konten Postingan Blog yang Baik

Kriteria Konten Postingan Blog yang Baik
Kriteria Konten Postingan Blog yang Baik, Salah satu teknik memperbanyak pengunjung atau visitor pada sebuah website atau blog, adalah konten yang menarik untuk dibaca. Bahkan mampu membuat pengunjungnya tertahan untuk membaca postingan yang lain dalam sebuah blog, meski dengan tema yang berlainan.
Selain original dan informatif, apakah syarat agar konten postingan sanggup menahan pembacanya di depan monitor untuk terus membacanya. Berikut syarat-syaratnya menurut penulis.
Bacaan wajib Agar Konten Blog Cepat Terindex Google.

Kriteria Konten Postingan Blog yang Baik

Judul yang menarik

Judul ibarat wajah. Dari wajahlah seseorang dikenali. Bahkan baik buruknya wajah bisa menjadi parameter perilaku orang tersebut. Maka, sebisanya membuat judul yang menarik agar visitor mendapatkan kesan pertama melalui judul tersebut.

Selain itu, jika memungkinkan bisa menggunakan kata-kata yang kontroversial. Misalnya, "Heboh, Jokowi Tersangkut Kasus Freeport." Padahal isinya, nama Jokowi hanya tercatut saja oleh oknum pejabat dalam kasus perpanjangan proyek Freeport.

Bisa pula dengan memakai kata-kata, 'Free', 'Gratis', atau 'Diskon' dan kata yang semakna untuk memikat awal kesan calon pembaca.
Artikel terkait Cara Merubah Judul dan Deskripsi Blog.

Bahasa menarik dan mudah dipahami

Tema dan isi artikel boleh bagus dan menjadi trending topic. Namun bila disajikan dengan bahasa yang seadanya, monotn dan sulit dicerna, maka visitor akan lari pada beberapa bait kalimat awal saja.

Bahasa juga menyangkut siapa yang akan membacanya. Maka harus tepat disesuaikan dengan sasaran pembaca blog. Apakah untuk anak-anak, remaja atau lansia? Tentu pemakaian bahasanya juga berbeda.

Informasi update atau terkini

Tidak disangkal, situs baik web maupun blog yang berisi info terkini, update dan trending topic sangat diburu calon visitor. Sehingga wajar, blog tipe seperti akan mudah mendapatkan visitor yang banyak. Mereka ingin mendapatkan informasi terkini untuk mengikuti perkembangan zaman.

Tema bermanfaat

Pastikan informasi yang ada, adalah sesuatu yang bermanfaat dan ada nilai tambahnya. Visitor tak akan mudah melanjutkan bacaannya, manakala isi artikel tersebut memberikan informasi yang tidak bermanfaat dan terlalu sederhana. Rata-rata, visitor menginginkan informasi yang minimal bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri.

Selain itu, tema yang diusung berisi inspirasi, bukan sebaliknya. Sebab inspirasi akan menumbuhkan semangat baru.
Baca Cara Termudah Membuat Widget Flag Counter di Blog.

To the point

Artikel yang langsung ke inti tema akan mempermudah pembaca mencerna informasi yang disuguhkan. Sebaliknya, sebaik apapun isi artikel tersebut, jika disajikan dengan gaya penulisan yang mondar-mandir, bertele-tele, loncat sana loncat sini, maka artikel akan berisi tulisan yang sangat membosankan untuk melajutkan bacaannya.

Informasinya terkupas tuntas

Artikel yang baik adalah berisi penutupan dengan kesimpulan yang jelas sesuai tema dan memberi jawaban atas masalah yang diinformasikan sebelumnya. Apabila memang tidak bisa tertulis tuntas, sebaiknya gunakan link yang lain guna menuju ke informasi yang berkaitan atau postingan yang bersambung.

Format tulisan enak dibaca

Format font memang sangat beragam. Dari yang standart hingga bentuknya yang ekstrim. Agar pembaca tidak merasa bosan dan lelah melihat tulisan, maka gunakan font yang tidak terlalu banyak lekukan.
Artikel terkait Mempercantik Postingan dengan Berbagai Pilihan Font.

Pemakaian referensi jelas dan valid

Referensi atau sumber tulisan terkadang memang harus disematkan, agar informasi tersebut tidak dinilai melanggar etika pencatutan isi tulisan. Referensi yang baik ditulis sejelas dan sevalid mungkin agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dengan pemilik asli tautan tersebut.
Bacaan rekomendasi 10 Tips Agar Artikel Lebih SEO Friendly dan Disukai Google.
Demikian, kriteria sebuah postingan yang baik. Semoga bermanfaat.

1 comments: