Monday, October 26, 2015

Cara Menghilangkan Prediksi Kata pada Pencarian Google

Text prediction atau prediksi kata merupakan salah satu fitur layanan yang terdapat pada google. Baik google search maupun google chrome web browser. Teks ini muncul saat kita hendak menuliskan kata di pencarian google. Namun sebelum kata yang ingin kita ketik selesai, muncul beberapa kata penyempurnaan atau kata pelengkap tambahan. Text prediction ini muncul berdasarkan kata pencarian atau keywords yang populer. Selain itu, text prediction muncul berdasarkan history pada sebuah device atau perangkat yang dipakai oleh pengguna serta history pencarian oleh pengguna akun google itu sendiri.

Manfaat text prediction

Fitur text prediction ini dibuat untuk memudahkan para netter untuk mencari kata pencarian yang tepat pada browser. Netter tidak perlu repot-repot menuliskan kata atau kalimat secara keseluruhan. Fitur ini akan melengkapi kata tersebut dengan beberapa prediksi kata kelanjutannya.

Bisakah Menghilangkannya?

Layanan ini bagi sebagian pengguna memang bermanfaat dan membantu untuk mengeliminir kesalahan ketik pada browser. Akan tetapi bagi sebagian pengguna yang lain, fitur layanan ini dianggap mengurangi privacy. Terutama bagi pengguna yang memiliki device perangkat yang sama untuk digunakan oleh beberapa pengguna yang lain. Dengan demikian, mereka merasa perlu untuk menghilangkan text prediction pada google search dan browser chrome miliknya.

Google Search Engine

1. Silakan menuju ke Search settings.
2. Pastikan sahabat telah sign in. Jika belum, isi kotak email beserta passwordnya.
3. Pada pilihan Google Instant predictions, centang pada kotak Never show instant results.
Cara Menghilangkan Prediksi Kata pada Pencarian Google
4. Klik tombol Save di kanan bawah.

Browser Google Chrome

1. Klik ikon pada pojok kanan atas. Pilih Setting.
2. Gulirkan mouse, klik Show advanced settings.
3. Hilangkan tanda centang pada kotak Use a prediction service...dst.
Cara Menghilangkan Prediksi Kata pada Pencarian Google
4. Lalu tutup pengaturan.

Sebagai tambahan, agar web yang pernah kita buka pada browser, silakan menghapus history pencarian pada browser.  Selengkapnya simak Cara Menghapus Riwayat Browsing Internet pada Browser.

Selesai. Kini sahabat bisa menikmati pengalaman browsing tanpa layanan text prediction atau prediksi kata pada google search maupun pada browser chrome.

Demikian ulasan cara menghilangkan text prediction pada google. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.