Sibuk, Buat Postingan Blog Pake Cara Ini

cara setting jadwal publikasi postingan blog
Bagi seorang admin blogger, membuat postingan sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan lagi. Aktifitas menjadi ada yang kurang bila belum menyempatkan diri di depan komputer, duduk sejenak dan menulis artikel. Namun kesibukan harian terkadang tidak bisa diprediksi meski jadwal aktifitasnya sudah rutin. Kejadian mendadak dan tiba-tiba tidak sedikit membuat bingung untuk mengaturnya kembali. Maka, agar rutinitas membuat artikel bisa tetap berjalan meski bersinggungan dengan aktifitas mendadak tersebut, kita dapat mengakalinya dengan mengatur publikasi postingan.

Mengatur target postingan harian

Pada default blogger terdapat fitur pengaturan jadwal mempublikasikan postingan. Melalui fitur ini, kita bisa mensetting kapan sebaiknya postingan dipublikasikan. Misalnya setiap hari kita membuat target mempublikasikan postingan sebanyak 5 artikel di blog. Kemudian pada esok hari ada jadwal baru yang kemungkinan besar telah menyita waktu harian hingga kecil kemungkinan untuk membuat postingan. Maka bisa diatur dengan cara membuat postingan yang banyak pada hari ini, misal buat 10 postingan pada hari ini. Dari 10 postingan yang telah jadi tersebut, pilih 5 buah untuk dipublikasikan sekarang dan 5 buah postingan sisanya dipublikasikan untuk keesokan harinya.
Dengan cara ini, sesibuk apapun aktifitas kita, masih bisa kita gunakan waktu yang ada untuk mengatur publikasi postingan yang telah ditarget.
Cara ini juga bisa dilakukan untuk trik menggaet reader baru. Misalnya, saat melihat hasil analisa blog di google analytics menunjukkan bahwa jumlah reader atau pembaca lebih banyak di akhir pekan atau weekend, maka kita bisa mengatur jumlah postingan yang akan dipublikasikan di akhir pekan itu. Dengan cara membuat postingan yang lebih banyak pada tiap harinya, yang nantinya akan kita publikasikan pada akhir pekan tersebut. Dan contoh lainnya. Baiklah, berikut saya uraikan cara mengatur jadwal publikasi postingan.

Cara mengatur jadwal postingan blog

1. Masuk ke dasboard blogger.
2. Lalu Creat new post.
3. Buat postingan terlebih dahulu.
4. Setelah selesai, atur jadwal publikasinya pada fitur editor di bagian kanan entri post.
cara setting jadwal publikasi postingan blog
5. Pada Scedule, pilih Set date and time. Silakan sahabat pilih waktu dan tanggal postingannya.
6. Jangan lupa klik Done. Dan akhiri dengan Publish.
7. Untuk tampilan pada list postingan blogger akan tampak seperti gambar berikut.

cara setting jadwal publikasi postingan blog
Selesai.

Kini postingan yang sahabat buat akan dipublikasikan secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah diatur tadi. Jika sahabat ingin merubahnya agar terpublikasi sekarang, sahabat bisa ganti pada settingan Automatic pada gambar poin 4.

Artikel terkait Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog.
Demikian cara setting jadwal publikasi postingan blog ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

3 comments